Stay in touch
Subscribe to our RSS!
Oh c'mon
Bookmark us!
Have a question?
Get an answer!

Pengertian, fungsi dan cara pembuatan dari beberapa perangkat komunikasi

3 komentar
1.      EMAIL
      Email adalah singkatan dari Electronic Mail atau sering juga disebut surat elektronik. Email(ejaan Indonesia: imel) atau Surat Elektronik (disingkat surel atau ratel atau surat-e) adalah suatu cara untuk mengirimkan surat atau pesan dalam format data elektronik/ sarana kirim mengirim surat melalui jalur jaringan komputer (misalnya: Internet).  
  • Fungsi Email     
  1. Alat komunikasi yang mudah, murah dan cepat. 
  2. Dapat mengirimkan file berupa program, gambar, grafik, dan file lainnya. 
  3. Dapat mengirim ke beberapa orang sekaligus secara bersamaan. 
  4. Dapat digunakan untuk mengirimkan surat atau ucapan selamat kepada keluarga maupun kerabat di  kampung halaman atau di luar negeri. 
  5. Dalam bidang bisnis, untuk melakukan kesepakatan bisnis atau mengirimkan dokumen penting.
  6. Aplikasi apapun menggunakan email untuk mendaftar fb, buat blot/site, jadi anggota milis, dan lain-lain. 
  7. Hemat sumber daya kita tidak perlu membeli kertas, pulpen, atau memboroskan tinta printer untuk   digandakan lalu dikirimkan ke beberapa orang sekaligus yang tidak sedikit mengeluarkan biaya.
  8. Reliabel, kita bisa menyimpan e-mail di server yang tidak akan hilang kecuali dihapus.

  • Cara Membuat Email
  1. Anda harus mengunjungi yahoo.  
  2. Jika sudah mengikuti langkah no 1 anda dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini, lalu anda pilih buat account baru.
    
    3.  Jika sudah pilih buat account baru, sekarang anda disuruh mengisi data yang diminta oleh pihak yahoo. Sebagai contoh anda bisa melihat gambar dibawah ini

 

          Keterangan diatas secara detail anda bisa simak dibawah ini.
  • Nama saya: Maksudnya isikan nama anda anda sendiri, nama depan dan nama belakang.
  • Jenis Kelamin: Saat ini yahoo cuman ada dua jenis kelamin yakni laki-laki dan perempuan anda  bisa memilih salah satu.
  • Tanggal lahir: Isikan tanggal lahir anda beserta bulan dan tahunnya.
  •  Saya tinggal di: Jika anda tinggal di luar negeri anda bisa mengganti negara Indonesia tersebut.
  • Id Yahoo! dan Email: Anda disuruh membuat id anda seperti gambar diatas, jika tidak bisa coba diganti id tersebut.
  • Kata sandi: Anda harus mengisikan kata sandi, kata sandi ini harus di ingat-ingat karena sangat penting sekali.
  • Ketik ulang kata sandi: Anda harus mengulang kata sandi anda secara benar.
  • Pertanyaan rahasia 1: Pertanyaan ini juga harus diingat karena anda lupa kata sandi anda, anda bisa menggunakan pertanyaan rahasia tersebut dengan menggunakan fitur lupa kata sandi.
  • Pertanyaan rahasia 2: Pertanyaan ini sama saja dengan pertanyaan yang pertama hanya saja berbeda pertanyaan.
  • Ketik kode yang ditampilkan: Anda harus mengetik kode samapersis seperti gambar diatas, jika salah ulangi sampai benar.


    4.  Jika sudah diisi dengan lengkap dan benar lalu pilih buat account saya, nanti anda akan dibawa ke halaman seperti gambar dibawah ini.
      5.  Tekan lanjutkan untuk mengkonfirmasi pendataran email yahoo anda, dan anda sekarang sudah  mempunyai email yahoo.


2.    FACEBOOK
Facebook adalah sebuah web jejaring sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg dan diluncurkan pada 4 Februari 2004, dimiliki dan dioperasikan oleh Facebook, Inc.Facebook memungkinkan para pengguna dapat menambahkan profil dengan foto, kontak, ataupun informasi personil lainnya dan dapat bergabung dalam komunitas untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan pengguna lainnya.
  • Fungsi Facebook
    1. Sarana Informasi
    2. Sebagai media berjualan (barang atau jasa) atau Bisnis Online
    3. Sebagai cara alternatif dalam mencari teman lama
    4. Menambah banyak teman
    5. Terdapat banyak game yang dapat dinikmati
  •  Cara Membuat Facebook
1.  Anda harus membuka situs facebook terlebih dahulu dan pastikan tampilan facebook seperti dibawah ini.

 
2.  Isikan data-data anda seperti gambar dibawah ini. Jika sudah anda lanjutkan dengan mengklik tombol mendaftar.

3.  Anda disuruh untuk mengisikan captcha atau pemeriksaan keamanan seperti gambar dibawah ini.

4.   Jika anda sudah melakukan cara ke 3 anda akan menemui halaman seperti dibawah ini, lalu pilih lewati langkah ini seperti gambar dibawah ini.

5.  Untuk yang kelima ini terserah anda mau diisi atau tidak terserah, jika anda ingin mengisi silahkan diisi lalu tekan tombol simpan dan lanjutkan. Jika tidak mau mengisi silahkan tekan tombol lewati seperti gambar di bawah ini.

 6.  Pada langkah ke 6 ini anda harus mengunggah foto, namun ini bisa dilakukan di belakangan jadi langsung saja kita lewati.


7.   Untuk langkah ke 7 ini anda abaikan dulu akun facebook anda dan bukalah email anda lalu cari kode verifikasi dari facebook seperti gambar di bawah ini.

8.   Klik link kode verifikasi tersebut dan sekarang akun facebook anda sudah jadi, sekarang anda bisa memperbaiki akun facebook anda dengan mengunggah foto anda, update status dan lain-lain.



3.      BLOG

Blog merupakan singkatan dari web log adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.Blog bisa dianggap sebagai laman web pribadi.Pada umumnya blog berbasis teks, walaupun ada juga blog yang berbasis foto, berbasis video, audio, dan sebagainya.

  • Fungsi Blog

1.  Blog sebagai media searah:Bentuk ini hanya memaparkan pengalaman hidup penulis,  semata-mata hanya suka-suka saja, kemudian menutup ruang komen bagi pembaca.

2.     Blog sebagai media dua arah:Bentuk ini serupa seperti yang pertama, hanya saja dengan cara ini, mampu memberi peluang kepada pembaca untuk memberi komen serta mengenali penulis seterusnya menjalin persahabatan melalui blog itu.
3.      Blog sebagai media berbagai Tujuan:Bentuk ini pun hanya memiliki perbedaan tipis dengan dua bentuk diatas, jika keduanya hanya di buat dengan seadanya, yang ini di buat dengan tujuan tertentu. Diantaranya sebagai maklumat dan pendidikan, promosi barang jualan, dan pengiklanan.
4.    Maklumat dan Pendidikan: Blog jenis ini hanya boleh dibuat oleh penulis yang berpendidikan ataupun yang mempunyai pengalamannya sendiri.
5.  Promosi barang/jualan:Blog jenis ini sekiranya kita tidak mampu membuatnya kita boleh mengupah orang lain, yang penting kita ada barang sendiri atau pun mengedarkan barangan orang lain yang ingin kita pasarkan.
  • Cara Membuat Blog
1.      Diwajibkan memiliki sebuah alamat email, saran saya pakailah layanan gmail dari google. untuk membuat email dari layanan google tersebut anda bisa langsung menuju ke Gmail, untuk lebih jelasnya perhatikan gambar dibawah ini.

 

2.   Langkah selanjutnya isi data data diform yang disediakan, jangan lupa paling bawah klik       Saya menyetujui persyaratan layanan dan kebijakan privacy google, setelah itu klik Langkah berikutnya lihat gambar dibawah.
 
3.      Selanjutnya, klik kirim kode Verifikasi. lihat lagi gambar dibawah.


5.  Sekarang cek ponsel anda, jika belum ada kode verifikasi dari google bisa dicoba lagi beberapa menit kemudian, gambar dibawah menggunakan modem, jadi kode verifikasinya langsung bisa di lihat dilayar.
 
6.      Masukin deh kode verifikasinya seperti dibawah ini
7.     Selamat datang di akun Gmail anda, lalu klik Lanjutkan ke Gmail.



7.   Sampai disini proses pembuatan akun Gmail sudah berhasil, sekarang ketahap selanjutnya, proses pembuatan blog. Buka blogger.com tinggal isi email dan sandi yang sama seperti di akun Gmail tadi. lalu klik Masuk.
 8.  Selanjutnya pilih Opsi profil blogger, jika hanya membuat blogger sebaiknya klik yang sebelah kanan. lalu klik lanjutkan ke blogger.



9.    Sampai tahap ini pembuatan akun blog telah sukses, tahap selanjutnya silahkan lihat gambar dibawah ini untuk jelasnya. Perhatikan baik-baik tahap 1, 2, dan 3. Sebelumnya ada tulisan This blog address is available berarti nama blog yang ingin dibuat sudah ada yang memiliki, silahkan ganti dengan nama lain, atau untuk mudahnya bisa tambahkan angka dibelakang alamat blognya, lihat contoh yang telahdilingkari pada nomor 2 di bawah. Setelah itu klik create blog.
10. Sekarang blog sudah jadi, lihat keterangan dibawah ini, angka 1 adalah Judul blog yang diciptakan pada tahap sebelumnya, lalu angka 2 adalah start posting. Alias untuk memulai membuat artikel.
 
11. Setelah start posting diklik, sekarang saatnya membuat sebuah artikel.  

4.      TWITTER 
Twitter adalah sebuah jaringan informasi atau blog mini yang menyediakan maksimal 140 karakter huruf (disebut Tweet) untuk mempublikasikan dan menginformasikan pesan kita secara online di internet, melalui berbagai media seperti sms handphone, instant messenger, website dan lain-lain. 
  • Fungsi Twitter
1.      Mendapatkan berita-berita terbaru
2.      Mengintegrasikan twitter dengan dengan blog/situs web RSS feed
3.      Menginformasikan jadwal kegiatan kita ke orang yang berkepentingan
4.      Menjaga reputasi bisnis kita
5.      Saling tukar pikiran dan ide
6.      Mendapat umpan balik dari customer ( bisnis )
7.      Sebagai tempat untuk survey
8.      Mendapatkan berita-berita / promosi dari produsen
9.      Belajar tentang bisnis, industri atau hal-hal lain
10.  Berbagi pengetahuan di twitter
11.  Mencari prospek baru dalam bisnis
12.  Memperluas jaringan sosial atau bisnis kita
13.  Sebagai agenda online kita
14.  Bisa mendapatkan teman baru

  • Cara Membuat Twitter
1.     Untuk membuat twitter Anda harus memmpunyai email, jika belum, silahkan mendaftardulu di Gmail atau Yahoo.
2.   Selanjutnya Anda bisa langsung membuka situs pendaftaran twitter di sini http://twitter.com kemudian klik Sign Up For Twitter.

 
Atau bisa juga klik alamt ini http://twitter.com/signup.
 
3.      Setelah itu maka Anda akan menjumpai halaman seperti gambar di bawah ini :
 




Isilah form pendaftaran tersebut dengan lengkap dan benar.
a.       Isi kolom Full Name dengan nama lengkap.
b.      Isi kolom Email dengan akun email yang sudah Anda miliki.
c.       Isilah kolom password dengan kata rahasia Anda yang nantinya akan digunakan  sebagai sandi untuk masuk ke akun twitter. Usahakan yang mudah untuk diingat, namun tidak disarankan menggunakan tanggal lahir dan tahun, karena akan mudah ditebak dan dibajak orang.
d.      Isi Username Anda dengan nama unik yang nantinya sebagai ID Anda untuk masuk.
4.      Selanjutnya adalah langkah untuk menyelesaikan pendaftaran di twitter yaitu klik “Create My Account” dan isilah kode captcha seperti pada gambar di bawah :\


 
5.      Isilah kolom dengan huruf yang ada pada gambar, perhatikan huruf dengan seksama huruf kecil maupun kapitalnya.

6.      Langkah terakhir adalah melakukan  konfirmasi pendaftaran. Bukalah email Anda yang digunakan untuk mendaftar, karena twitter mengirimkan email Anda untuk konfirmasi bahwa Anda benar-benar pemilik email tersebut. Klik alamat konfirmasi yang akan mengarahkan Anda ke twitter.
Akhirnya Anda memiliki akun twiter dan siap untuk digunakan.



5.      FRIENDSTER
Friendster adalah salah satu situs Social Network Service yang terpopuler di Asia. Social Network Service (Layanan Jaringan Sosial) ini merupakan pelayanan pembangunan data sosial bertumpu pada anggota yang mendefinisikannya secara terus menerus..Layanan ini disediakan secara gratis dan tidak memungut biaya.Friendster merupakan sebuah situs untuk melihat seluruh orang secara manual, dimana di situs itu berguna untuk melihat melihat teman-teman seperkenalan kita, baik yang pernah bertemu atau tidak. Dan juga friendster itu bisa meletakkan profile ( bioadata, fhoto, dan sebagainya ).

  •            Fungsi Friendster
1.      Keep in Contact (tetap terjaga komunikasinya)..
2.      Menambah wawasan IPTEK.
3.      Jadi kenal sama yang tadinya ga kenal.. di dunia maya
4.      Jadi lebih kreatif. Contohnya, jika kita tidak kreatif  maka orang akan merasa bosan, hal itu dapat dihindari dengan mengubah tampilan layout dan menggunakan text yang menarik.
5.      Komunikasi antara individu satu ama individu yang lain
6.      Sebagai tempat pencarian teman/rekan didalam "Dunia Maya".

  •    Cara Membuat Friendster
1.      Kunjungi website Friendster dengan alamat : http://www.friendster.com
2.      Kamu akan melihat tampilan halaman utama Friendster.
3.      Untuk mendaftar kamu bisa langsung klik tulisan Sign Up Now di bawah kotak Sign In.
4.      Berikutnya, kamu bisa mengisi kolom-kolom (pada gambar yang dilingkari) yang ada sesuai data kamu. Jangan lupa untuk mengisi kode Verify registration sesuai gambar yang muncul. Beri cawang juga pada kotak pilihan I am over 16 years old dan pilihan satunya lagi.



5.      Setelah selesai, langsung saja klik Sign Up.
6.      Selamat !! Anda sudah terdaftar, berikutnya akan muncul halaman ini.
7.     Jika kamu sudah punya beberapa email teman yang udah bergabung dengan Friendster, maka silahkan masukkan email mereka di kotak-kotak yang ada. Jika belumada, langsung saja klik tulisan Skip This Step.
8.   Selanjutnya, kamu ditawari untuk memasang foto. Jika belum punya, langsung saja klik tulisan Skip This Step, tapi jikasudah punya, klik tombol browse dan tunjukkan dimana letak file fotomu.
9.    Setelah selesai, maka sebuah email akan dikirimkan ke alamat emailmu. Disana ada link verifikasi yang harus kamu klik. Sekarang langsung aja klik tombol GET STARTED dan selamat datang di halaman utamamu. Sampai disini, kamu telah terdaftar di Friendster.


3 komentar: